Looking for something ?

Cara Backup Aplikasi Linux

Written By Vapor Voyager Saputra on 04 September 2010 | Sabtu, September 04, 2010

Saya pernah bahkan sering kehilangan data se abreg kalau mau install ulang/upgrade system operasi linux. Saat itu belum tahu cara untuk mengatasinya, saya hanya menginstal ulang lewat repository internet, duh benar-benar makan waktu dan bandwith yang cukup lama dan besar, repot kan!Setelah saya search di internet, akhirnya menemukan juga kedahsyatan dari linux ubuntu yang menyediakan software untuk membackup semua aplikasi yang telah saya install di system linux dengan cara membackup semua software yang terinstall dan repository nya ke dalam CD/DVD menggunakan software APTonCD.
Berikut ini cara-caranya:

1.Install APTonCD
Download .deb filenya disini atau disini dan double klik file yang tadi anda telah download.
Atau bila komputer anda sedang terhubung internet anda dapat langsung : klik Aplications > Add/Remove Pada kolom search ketikkan : aptoncd sehingga muncul aplikasi yang hendak kita installberi tanda centang pada kotak disebelah nama aplikasi dan klik Apply Changes..dan OK (!anda harus terhubung internet)Kemudian tunggu hingga proses instalasi selesei.

2.Jalankan APTonCDSetelah proses instalasi selesei, klik System > Administration > APTonCDAda dua pilihan disana, yaitu Create dan Restore
Pilih Create untuk melakukan backup aplikasi linux di Komputer kita, atau pilih Restore untuk mengembalikan file-file aplikasi yang telah kita backup.
3.Proses BackupKlik tombol Create
Maka APTonCD akan melakukan proses scan aplikasi linux apa saja yang telah terinstall dikomputer kita.Ketika telah selesai proses scan, anda bisa memilih dengan memberi tanda centang aplikasi apa saja yang akan anda backup.

Selanjutnya klik tombol Burn. Untuk melakukan proses backup. Disini anda bisa memilih menggunakan CD atau DVD untuk menyimpan file backup aplikasi linux anda, dan tentukan penyimpanan sementara images file (.iso)
dihardisk anda sebelum dibakar ke CD/DVD. Klik Apply bila anda ingin membakarnya ke CD/DVD atau klik Cancel bila anda hanya ingin menyimpan file image .iso, untuk nanti anda bakar dikemudian hari.Proses backup selesai

4.Proses RestoreBila anda telah membuat image file backup atau telah membakarnya ke CD/DVD, maka anda bisa melakukan proses restore pada komputer yang ingin anda install, dengan memilih tombol Restore. Maka komputer akan melakukan proses scan file yang ada di dalam CD/DVD dan menanyakan apakah anda akan melakukan proses restore? Klik Yes..Selesai :)
Setelah melakukan proses restore. Kemudian saya melakukan instalasi software lewat add/remove programs dan selesai tugas saya. Tanpa harus memakan waktu lama, dibanding bila harus menginstallnya dengan mengambil file repositori di internet.

1 komentar:

wido mengatakan...

Wuihh mantab... tanks....

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo