Looking for something ?

AMD Kubur Merek ATI, Radeon Tetap Dipertahankan

Written By Vapor Voyager Saputra on 16 September 2010 | Kamis, September 16, 2010

AMD Kubur Merek ATI, Radeon Tetap Dipertahankan


Sejak AMD mengakusisi ATI, satu masalah yang timbul adalah penggunaan brand tunggal. Masalahnya pasa saat itu brand ATI dan AMD sama-sama kuat di bisnis IT, khususnya komputer. Mematikan nama dagang AMD jelas tidak mungkin dan pilihannya adalah mengubur merek ATI.

Setelah empat tahun berselang, kini merupakan saat yang tepat buat AMD untuk mematikan merek dagang ATI. Selanjutnya GPU buatan dari ATI tetap menggunakan nama Radeon. AMD juga berencana merilis prosesor baru Fusion pada akhir tahun mendatang.

Menurut AMD, penggunaan merek ATI justru tidak akan memperkuat pangsa pasar AMD. Padahal kini merek Radeon dan FireGL juga telah kuat di segmennya masing-masing. Hal ini didukung dengan survei di masayarakat yang menyebut merek AMD lebih difavoritkan untuk bertarung dengan Nvidia.

Perubahan nama tidak akan dilakukan langsung namun menunggu hingga muncul produk kartu grafs generasi baru. Jadi, seluruh GPU seri Radeon HD 5000 tetap akan menggunakan merek ATI. Sementara seri baru AMD Radeon HD 6000 kemungkinan besar akan menggunakan logo seperti ini:



AMD REDEON dan AMD FIREPRO logo

AMD juga merencakan CPU hybrid yang diberi kode nama Ontario bisa tersedia di pasar pada akhir tahun 2010. Prosesor ini menggunakan  Llano APU (Accelerated Processing Unit) yang lebih andal. Ontario akan mengemas dua pak inti Bobcat dan kartu grafis Radeon. CPU ini ditargetkan untuk produk netbook, tablet dan peranti digital berpower rendah.


Llano menggunakan core atau inti keluarga Phenom II, namun bisa pula mengandalkan inti yang lebih powerful dari Bulldozer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo