Looking for something ?

NASA sunting foto dengan Photoshop

Written By Vapor Voyager Saputra on 05 November 2010 | Jumat, November 05, 2010



NASA sunting foto dengan Photoshop
 
NASA mengaku menyunting foto sebelum foto tersebut diumumkan ke publik. Tapi, badan antariksa asal Amerika Serikat itu juga menegaskan kalau penyuntingan bukan dimaksudkan untuk menyembunyikan sesuatu. Juru bicara mereka menyebutkan kalau foto diproses untuk menampilkan detail atau hal-hal yang tidak terlihat oleh mata.

NASA menyebutkan kalau detail yang lebih baik bisa membuat pemahaman yang lebih baik terhadap struktur benda angkasa. Selain itu, dengan menampilkan warna-warna yang tidak tampak oleh mata, keindahan mereka lebih dapat dihargai. Demikian sebut juru bicara NASA yang tidak disebutkan namanya.

Kontroversi muncul minggu lalu saat ada bercak hitam di sudut foto dua bulan milik Saturnus, Titan dan Dione, yang diambil oleh Cassini, pesawat luar angkasa milik NASA. Foto tersebut dianggap hasil rekayasa. Nyatanya, foto itu memang direkayasa. Kamera di Cassini mengambil gambar tiga kali dengan tiga filter berbeda: merah, biru, dan hijau. Ketiga gambar tersebut dijadikan satu untuk menghasilkan sebuah foto yang utuh.

Saat pemotretan, Dione bergeser sedikit. Pada saat pembuatan foto akhir, Emily Lakdawalla dari Planetary Society yang menyunting gambar, mengolah foto dengan Photoshop untuk memperbaiki foto akibat perubahan posisi Dione.

"Penyuntingan seperti ini bukan hal yang aneh," kata jubir NASA. Badan antariksa lain dan astronom juga sering menggunakan cara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo