Looking for something ?

Unity Gantikan Gnome pada Ubuntu 11.04

Written By Vapor Voyager Saputra on 30 November 2010 | Selasa, November 30, 2010

Ubuntu berencana untuk menjadikan Unity sebagai perangkat lunak utama dalam menangani antarmuka pengguna (user interface) menggantikan Gnome pada versi Ubuntu berikutnya, yaitu Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal).

Mark Shuttleworth, pendiri Ubuntu, mengatakan bahwa Cannonical sebagai perusahaan resmi yang mengembangkan sistem operasi Linux Ubuntu berniat mengganti Gnome dengan Unity sebagai perangkat utama dalam menangani fitur dan fungsi user interface dari sistem operasi Linux tersebut.

Hal tersebut ia utarakan di acara Ubuntu Developer Summit yang berlangsung di Florida, Amerika Serikat, seperti dilansir V3, dikutip CBN.

Rencana Ubuntu mengganti Gnome dengan Unity, ditambahkan Mark disebabkan mulai terjadi perubahan terhadap komputer. Ia menilai bahwa perangkat komputer berjenis tablet akan mengalami booming pada tahun-tahun yang akan datang.

Unity sendiri merupakan software manajemen user interface yang diperkenalkan Cannonical pertama kalinya pada sistem operasi Linux Ubuntu 10.10 (Maverick Meerkat) yang baru saja dirilis. Perangkat lunak ini mendukung penggunaan multi-touch.

Selain itu, Unity memiliki tampilan grafis yang lebih baik, menarik dan ramping dibanding dengan Gnome maupun KDE.

Namun, penggunaan Unity bergantung pada perangkat keras yang dimiliki oleh para pengguna, terutama kartu grafis yang dimiliki. Dan apabila tidak ada aral melintang, menurut jadwal, Ubuntu 11.04 (Natty Narwhal) akan rilis pada bulan April 2011. (ydn)
Sumber: CBN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo