Looking for something ?

AMD Zacate Salip Intel Core i5

Written By Vapor Voyager Saputra on 17 September 2010 | Jumat, September 17, 2010

Ditulis pada 15 September 2010 oleh Brama Setyadi PC+





SAN FRANCISCO, RABU – Seperti kebiasaan di tahun-tahun sebelumnya, dimana saat Intel Developer Forum (IDF) sedang hingar bingar, AMD juga punya hal hebat yang ingin dipamerkan kepada dunia.
Tahun ini, pesaing terdekat Intel itu memamerkan keluarga mikroprosesor terbarunya, AMD Fusion Zacate. Selain Zacate, AMD bakal memperkenalkan Bulldozer untuk kelas PC high end / server,  Llano yang punya arsitektur 32 nanometer ganda serta Ontario yang bakal menghadang Intel Atom (netbook).
Karena target pasarnya notebook, tidak heran jika Zacate punya ukuran yang mini. Di dalamnya terbenam sepasang inti rendah energi serta sebuah prosesor grafis terintegrasi khas AMD yang sudah mendukung DirectX 11. Belum ada informasi tentang jumlah inti di prosesor ini, tapi yang jelas Zacate bakal memakai die yang dibuat dengan arsitektur 40 nanometer.
Ukuran prosesor AMD Fusion Zacate (foto: Anand Tech)

Untuk menunjukkan kinerja Zacate, AMD menandingkannya dengan keluarga Core i5 milik Intel (notebook). Game City of Heroes pun dimainkan untuk menunjukkan performa keduanya. Hasilnya seperti yang tertera di gambar bawah:

Perbadingan kinerja Arrandale & Zacate (foto: Anand Tech)



Terlihat, Intel Core i5 (Arrandale) mampu memroses grafis di kisaran 14 frame per detik. Sementara Zacate berada pada kisaran nilai 27 frame per detik.
Pengujian lain yang ditunjukkan AMD dengan mengoperasikan program Internet Explorer 9 sembari melakukan pembalikkan halaman (page flipping). Hasilnya, Arrandale hanya mampu bekerja di kisaran 14 frame perdetik, sementara Zacate berhasil mencatatkan nilai 47 frame per detik.

Pengukuran kinerja Arrandale & Zacate di IE 9 (foto: Anand Tech)

AMD sendiri mengonfirmasi bahwa Zacate bakal siap diproduksi pada akhir tahun ini dan pada kuartal pertama 2011 sistem ini sudah meluncur ke pasaran. Belum ada harga resmi yang dirilis. Tapi yang jelas, notebook yang memakai Zacate dikatakan AMD bisa bertahan sampai 8 jam.
Referensi: Anand Tech

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo