Looking for something ?

Gawat, 236 Laptop Hilang Setiap Harinya!

Written By Vapor Voyager Saputra on 16 Desember 2010 | Kamis, Desember 16, 2010


Laptop adalah piranti yang memuat sekian banyak data-data penting penggunanya, termasuk data pribadi dan informasi sensitif. Jika sampai terjadi peristiwa kehilangan laptop, maka pemilik tak hanya akan kehilangan kekayaan intelektual, namun juga akan menghadapi risiko pencurian data.
Sebuah survey tahun 2009 (diterbitkan September 2010 lalu) yang digawangi oleh Intel dan Ponemon Institute mencatat bahwa 329 perusahaan publik dan privat yang disurvey di Amerika Serikat (AS) mengaku kehilangan lebih dari 86.455 laptop dalam setahun. Ini berarti ada sekitar 236 laptop yang hilang setiap harinya. Jika dinilai dengan uang, maka kerugian yang dialami masing-masing organisasi adalah 6,4 juta USD.
Ponemon menilai bahwa banyak organisasi yang tidak kompeten dalam melindungi aset informasi perusahaan mereka. Hasil studi menemukan bahwa laptop berpeluang hilang atau dicuri dalam waktu tiga tahun dengan prosentase 5% sampai 10%. Selain itu sebanyak 60 persen dari laptop yang hilang tidak diketahui nasibnya (hilang begitu saja).
Studi tersebut juga menguak bahwa dari 46% laptop yang dilaporkan memiliki data-data sensitif, hanya 30% yang memiliki enkripsi pada hard disknya dan hanya 29% saja yang telah di-backup. Sedangkan yang mempunyai fitur anti pencurian, angkanya sangat minim yakni hanya 10% saja.
Intel sendiri dalam hal ini menawarkan teknologi anti pencurian generasi terbarunya yakni Intel Anti-Theft Technology (Intel AT) 3.0, yang akan dirilis pada kuartal pertama tahun depan. Intel AT menawarkan kemampuan untuk menghadang akses pada data yang telah dienkripsi, mencegah proses booting pada PC, mengirimkan pesan khusus, melumpuhkan PC setelah si pengguna mencoba login berkali-kali, serta menon-aktifkan PC ketika pengguna tidak login seperti yang diminta.
Kevin Beaver, seorang konsultan keamanan independen mengemukakan pendapatnya bahwa laptop memiliki risiko paling besar dalam hal keamanan dibandingkan dengan smartphone. Oleh sebab itu, jagalah baik-baik laptop Anda saat bepergian, karena merujuk dari studi tersebut, peristiwa kehilangan laptop sering dialami korban saat mereka melakukan perjalanan.
Sumber: Informationweek


[dew / Tim Internet Sehat]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo