Looking for something ?

ZTE Light: Tipis, Ringan, Cukup Menggoda by detik

Written By Vapor Voyager Saputra on 22 Oktober 2010 | Jumat, Oktober 22, 2010

Jakarta - Vendor manapun yang merilis tablet PC belakangan ini sepertinya akan selalu menempatkan iPad menjadi sasaran tembak. Tak terkecuali 'si anak baru', ZTE Light. Mampukah produk ini menembus bayang-bayang gadget Apple tersebut?

Dari tampilan eksterior, tablet PC yang memiliki sebutan SmartPad V9 ini memiliki desain yang cukup menggoda. Berbalut layar 7 inch membuat acara untuk membaca e-book atau sekadar berinternet ria bisa menjadi acara yang menyenangkan. Tampilan terlihat tak terlalu besar ataupun kekecilan.

Cover depan Light bercorak hitam, sedangkan bagian belakangnya menggunakan semacam lempengan. Ada tiga tombol utama di bagian bawah layar depan, yakni 'home', 'menu', dan 'back'.

Jenis kamera Light yang ditemui detikINET sejatinya ada dua versi. Pertama, ditempatkan di bagian kanan depan layar. Dilihat dari modelnya sepertinya ini ditujukan bagi mereka yang suka video conference.

Lalu ada versi kedua yang membenamkan kamera di bagian belakang atas cover. Nah, yang model kamera di belakang inilah yang bakal diproduksi secara massal. Namun ZTE tetap membuka kemungkinan untuk membuatnya secara custom.

Kembali ke soal kemampuan kamera. Ketika dijajal, kamera 3 megapixel yang disusupkan di Light terbilang cukup bertaji. Memang, ketika gambar bergerak bisa terjadi blur di sana-sini. Namun dalam keadaan normal, gambar yang tertangkap lumayan jernih,

Beralih ke layar sentuhnya, Light dikatakan pihak ZTE sudah mengusung teknologi touch capacitive. Penasaran, detikINET pun coba menyapukan jari-jemarinya di layar, perintah pun langsung dijalankan. Tak perlu tekanan jari yang kuat untuk mengoperasikannya.

Namun responsivitas Light sepertinya masih kalah dengan iPad. Hal ini dapat dilihat ketika detikINET ingin berganti halaman. Terasa agak seret, tak semulus gadget Apple tersebut. Satu hal yang disayangkan lagi adalah terkait dipilihnya OS Android 2.1 alias Eclair.

Sebab, sejumlah smartphone saja sudah banyak yang 'naik kelas' dengan melakukan upgrade ke Android 2.2 (Froyo). bahkan versi yang paling baru dari OS ini -- Android versi 3.0 (atau sebelumnya kami menyebut sebagai Android 2.3) -- pun siap menyapa pasar.

Baterai ZTE Light 'hanya' mampu bertahan 6-7 jam. Tapi tunggu, itu hanya dalam keadaan digunakan terus menerus sepanjang hari. Jadinya baterai tersebut tak dikasih istirahat. Kalau keadaan biasa bisa sampai 10 jam.

Sayang detikINET belum menjajal Light untuk melakukan panggilan telepon. Namun dengan berat 403 gram, perangkat ini cukup nyaman untuk digunakan untuk 'halo-halo'. Bentuknya tipis dan tidak berat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo