Looking for something ?

Android Meraksasa, Symbian Masih Penguasa by detik

Written By Vapor Voyager Saputra on 19 Oktober 2010 | Selasa, Oktober 19, 2010



Shanghai - Tak bisa dipungkiri, hegemoni penggunaan sistem operasi mobile Android terus meraksasa di ranah ponsel pintar. Namun bukan berarti Symbian lantas tergusur dari singgasana, mereka masih penguasa.

Demikian penilaian Liu Lin, Direktur Marketing Strategy Departement ZTE Corporation ketika berbincang dengan beberapa wartawan Indonesia, termasuk detikINET, di Research & Development Center ZTE di Shanghai, China.

"Android dalam dua tahun belakangan memang tumbuh dengan sangat cepat, terlebih di pasar Eropa dan Amerika. Tapi Symbian juga masih memiliki pasar yang besar," ujarnya.

Menurut Liu, kompetisi di pasar OS mobile dewasa ini sudah terbilang sangat ketat. Para pemainnya tak bisa diam dan terus berinovasi dengan melakukan versi upgrade dari produk sebelumnya.

"Di dunia perangkat genggam tak ada keharusan untuk menggunakan suatu OS tertentu, semua dibebaskan kepada setiap vendor. Namun kami tidak memungkiri jika saat ini Android menjadi banyak pilihan pembuat smartphone," tukasnya.

Symbian saat ini diprediksi Liu masih menguasai sekitar 30 persen pangsa pasar smartphone. OS yang digawangi Nokia ini dinilai masih mengungguli Android, Apple, dan BlackBerry yang berada di layer kedua.

"Lalu selanjutnya baru diisi oleh Windows Mobile dan Linux," tukas Liu, berdasarkan data yang telah dikumpulkan ZTE dari berbagai sumber.

ZTE memprediksi pasar Android akan terus tumbuh lebih besar dari sekarang. Tak ayal, vendor telekomunikasi asal China ini pun memberi prioritas khusus bagi OS besutan Google itu agar mendapat porsi lebih besar di line-up produknya.

Setelah Android, prioritas ZTE selanjutnya akan disematkan kepada OS mobile besutan Microsoft yang baru saja dirilis, Windows Phone 7.
( ash / wsh )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo