Looking for something ?

Acer Aspire 4552 anyting can do "AMD"

Written By Vapor Voyager Saputra on 17 Januari 2011 | Senin, Januari 17, 2011


Bosan dengan notebook berbasis prosesor Intel? atau Anda adalah fans AMD yang menginginkan sebuah notebook dengan prosesor AMD yang mumpuni? Mungkin produk dari Acer ini yang berbasiskan prosesor AMD dengan graphics dari ATI dapat memuaskan Anda.
Memang tidak banyak pabrikan notebook yang memasang prosesor AMD pada jajaran notebooknya. Namun, kami pribadi sempat kaget juga ketika menerima notebook Acer Aspire 4552 ini, mengingat Acer lebih banyak menggunakan prosesor Intel di bandingkan AMD. Sepertinya Acer melahirkan seri ini untuk melengkapi jajarannya yang sudah ada. Harga jual yang ditawarkan pada notebook Acer Aspire 4552 ini pun cukup menarik, di kisaran harga Rp. 4 juta rupiah.
Bentuk fisik dari Acer Aspire 4552 terlihat cukup menarik dengan motif bordes di bagian penutup layar LCD dan pada bagian handrestnya dengan warna hitam. Untuk bagian bingkai layar, Acer membalutnya dengan warna hitam dengan finishing piano yang cantik. Untuk dimensi, Acer Aspire 4552 sama seperti kebanyakan notebook lainnya, menggunakan layar sebesar 14″  yang dapat dikonfigurasi resolusinya hingga 1366×768. Walau menurut kami, dimensinya lebih tipis sedikit dibandingkan lainnya.
spesifikasi yang tertera pada sticker
Acer Aspire 4552 menggunakan prosesor AMD Athlon II X2 P340 dengan memori DDR3 2GB sebagai sumber tenaganya. Spesifikasi ini disinyalir akan cukup sekali menjalankan aplikasi menengah dengan lancar. Selain itu, notebook ini juga mempunyai kapasitas penyimpanan data sampai dengan 320GB. Acer Aspire 4552 ini menggunakan AMD Vision dengan graphics ATI Radeon 4250HD. Dengan graphics card ini, aktivitas menjalankan game 3D yang tidak akan terlalu berat dan dapat memutar film HD1080P dengan sangat lancar.
Acer menggunakan AMD Vision

Kelengkapan

Tampak depan : audio in/out, card reader
2 port USB2.0, Optical drive
Power port, D-sub, Gigabit LAN, HDMI, USB2.0
Tampak belakang
Mudah melakukan upgrade
Kelengkapan yang diberikan dapat Anda temukan pada bagian kiri, kanan, dan depan Acer Aspire 4552.  Penempatan konektivitas ini  mudah dijangkau. Selain itu, notebook ini juga menyertakan port HDMI sehingga bila Anda kurang puas menonton film HD pada layar 14″ ini, Anda dapat menyambungkan dengan kabel HDMI ke layar LCD TV yang lebih besar.
Keyboard yang terpasang pada Acer Aspire 4552 masih menggunakan desain tuts keyboard waterlily yang cukup nyaman digunakan. Pada bagian atas keyboard Anda hanya akan menemukan tombol power tanpa dilengkapi dengan tombol shortcut dan speaker yang biasa ditemukan pada notebook lainnya.
Keyboard model tuts water lilly

Kinerja

Pada benchmark menggunakan Sysmark 2007 ini  hasil yang didapat menunjukkan bahwa notebook ini cukup sekali untuk menjalankan aplikasi menengah dengan lancar. Selain itu, Anda dapat menontoh film HD1080P dengan lancar pada Acer Aspire 4552 ini.

Daya Tahan Hidup

Daya tahan hidup yang ditawarkan Acer Aspire 4552 ini tergolong baik untuk notebook dengan ukuran layar 14″ dengan prosesor AMD. Daya tahan hidup akan naik bila Anda melakukan beberapa konfigurasi tambahan pada power management, Anda tinggal memilih mode power saver untuk mendapatkan daya tahan yang lebih baik.

Encoding

Feature ATI Stream pada graphics card ATI Radeon dapat mempercepat proses encoding, Anda pun tidak membutuhkan CPU untuk menjalankan proses ini.  Anda dapat melakukan encoding film tanpa harus berlama-lama menunggu.

Kinerja Graphics AMD Radeon HD4250M

Pada test menggunakan 3DMark 2006 dan 3DMark Vantage, nilai yang dihasilkan kurang memuaskan. Namun, walau hasil tersebut memperlihatkan graphics yang kurang bertenaga, kami tetap akan mencobanya dengan benchmark menggunakan game 3D yang biasa kami lakukan untuk notebook dengan graphics non discrete.
Notebook Acer Aspire 4552 ini sepertinya masih dapat menjalankan game 3D Left4Dead,  tetapi Anda harus melakukan konfigurasi pada resolusi dan setting graphics untuk mendapatkan FPS yang nyaman dimainkan mata. Kami sempat mencoba pada resolusi 800×600 settingan medium untuk mendapatkan FPS di atas 30.

Kesimpulan

Dengan harga di kisaran Rp. 4 juta, kinerja mumpuni, serta graphics non discrete membuat Acer Aspire 4552 cukup menarik. Anda dapat menjalankan berbagai aplikasi menengah dengan lancar dan Anda juga dapat melakukan pekerjaan yang mendukung pengunaan ATI Stream, sehingga pekerjaan Anda semakin cepat selesai. Selain itu, notebook Acer Aspire 4552  ini masih dapat diajak bermain game 3D dengan settingan tertentu, bahkan dapat digunakan untuk bermain game online first-personseperti Point Blank dengan cukup baik. Perlu hiburan dis aat senggang? Anda dapat menggunakan notebook ini juga untuk memutar film HD 1080P, jadi apakah judul di atas terlalu berlebihan?

Kelebihan

  • Harga terjangkau
  • Daya tahan hidup cukup baik untuk notebook ukuran 14″

Kekurangan

  • Graphics kurang bertenaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo