Looking for something ?

Keuntungan Upgrade Hard Disk Notebook

Written By Vapor Voyager Saputra on 02 Maret 2011 | Rabu, Maret 02, 2011


Pada umummya, alasan orang meng-upgrade storage adalah untuk menggantinya ke kapasitas yang lebih besar. Ada juga yang menginginkan kinerja yang lebih tinggi sehingga berbagai aplikasi dapat berjalan lebih cepat ketika digunakan. Lain cerita dengan perangkat mobile, pengguna notebook jarang sekali melakukan upgrade storage. Mereka biasanya lebih suka membeli storage eksternal dibandingkan dengan mengganti storage dengan kapasitas yang lebih besar.
Kali ini kami ingin membuka mata para pengguna mobil bahwa penggantian storage bukan semata-mata untuk mencari kapasitas yang lebih besar. Penggantian storage dalam notebook dapat juga meningkatkan kinerja notebook Anda.
Pada artikel ini kami menggunakan tiga storage yang berbeda, Hard disk WD 320GB 5400RPM, WD 750GB 7200RPM dan SSD Kingston V+ 64GB. Ketiga storage ini kami rasa cukup mewakilkan elemen yang akan kami bahas pada artikel ini, karena:
  • WD 320GB 5400RPM merupakan produk storage biasa di temukan di dalam notebook dan netbook. Kecepatan putar 5400RPM pun sudah umum digunakan pada notebook/netbook.
  • WD 750GB 7200RPM. Produk WD ini tergolong baru, jarang sekali ditemukan notebook dengan kapasitas besar sebesar ini. Sedangkan, kecepatan putaran 7200RPM juga jarang di gunakan pada notebook.
  • Kingston V+ 64GB merupakan generasi penerus storage yang tahan guncangan. Kecepatan baca dan tulisnya di-klaim lebih cepat dari hard disk. Sampai saat ini, jarang sekali kami temukan notebook yang menggunakan SSD. Klaupun ada, harga jual notebook tersebut terbilang tinggi.
Ketiga storage ini kami tes menggunakan notebook kelas gaming MSI GE600 dengan menggunakan sistem operasi dan konfigurasi power management yang sama sehingga kami akan mendapatkan nilai yang dapat dibandingkan. Untuk spesifikasi notebook MSI GE600 ini, dapat Anda lihat di bawah :
Bentuk bagian bawah MSI GE600 ketika kami buka, bagian block hitam merupakan tempat penyimpanan storage

Hasil Upgrade Storage

SysMark 2007

Pada benchmark menggunakan SysMark 2007, Anda dapat melihat bahwa penggantian storage memberikan peningkatan kinerja. Skor yang didapat pada berbagai tes yang dibebankan benchmark ini sangat bervariasi. Namun, dari nilai total pada preview rating, Anda dapat melihat bahwa kinerja keseluruhan meningkat beberapa point. Benchmark SysMark lebih memperlihatkan penggunaan sehari-hari. Hal inilah yang Akan Anda rasakan ketika melakukan upgrade storage, program akan lebih responsif ketika di gunakan dan dipanggil. Peningkatan nilai dari Hard disk standar ke SSD terpaut 8 poin dan ini cukup terasa bila Anda pertama kali menggunakan setelah melakukan upgrade.

PCMark Vantage

HDD Suite

Pada benchmark PCMark Vantage, nilai yang didapat antara penggunaan hard disk dengan SSD meningkat sangat tinggi. Saat pertama kali kami mendapat nilai ini kami sedikit tidak percaya sehingga kami melakukan test dua kali lagi untuk meyakinkan bahwa nilai yang diberikan adalah benar. Anda dapat melihat nilai keseluruhan HDD suite score meningkat sangat tajam dan pada HDD suite yang terbagi atas beberapa test juga meningkat. Anda akan melihat seluruh perintah dan aplikasi berjalan dengan cepat menggunakan SSD. Perbandingan antara hard disk 5400RPM dengan 7200RPM juga meningkat. Namum, hasil yang didapat tidak terlalu jauh kecuali pada tes Windows Media center.

Kesimpulan

Dengan hasil nilai yang didapat pada benchmark menggunakan Sysmark 2007 dan PCMark Vantage, apakah Anda masih berpikir upgrade storage untuk memperbesar kapasitas saja? Kami pribadi juga mengakui, bahwa dengan SSD, sebuah perangkat mobile akan lebih responsif. Salah satu rekan kami mengganti storage notebooknya dengan SSD dan dengan nyata kami melihat proses loading Windows 7 berlangsung sangat cepat. Peningkatan kinerja dengan menggunakan SSD mempunyai kelemahan, harga mahal tetapi dengan kapasitas yang kecil.
Upgrade storage dengan SSD sebenarnya memberikan keuntungan lebih selain mempunyai kinerja yang lebih, Anda akan mendapat keamanan data lebih mengingat SSD tidak mempunyai mekanik yang bergerak. Hal ini membuat SSD lebih tahan goncangan ketika di gunakan. Kapasitas SSD yang terbatas membuat Anda harus berpikir aplikasi apa saja yang layak di instal di dalam notebook Anda. Hard disk yang tertanam sebelumnya pun bisa Anda gunakan untuk storage eksternal dengan membelikan casing eksternal. Toh bila Anda kekurangan kapasitas data, Anda akan membeli storage eksternal lagi bukan? Dengan hasil tersebut, apakah Anda tidak tertarik untuk meng-upgrade storage notebook Anda dengan yang lebih baik untuk mendapatkan peningkatan kinerja notebook?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo