Looking for something ?

problem intel sandy bridge

Written By Vapor Voyager Saputra on 03 Februari 2011 | Kamis, Februari 03, 2011


Intel Menemukan Cacat di Desain Chipset Motherboard Sandy Bridge

Pada 31 Januari 2011 kemarin, Intel mengumumkan ada masalah yang menimpa hardware terbaru mereka. Terdapat masalah desain pada motherboard yang menggunakan chipset Intel 6-Series untuk platform Sandy Bridge, yaitu P67 dan H67. Di beberapa kasus, kecepatan pada port Serial-ATA (SATA) yang ada pada motherboard ini terus menurun, dan masalah ini berdampak pada performa dan fungsionalitas dari perangkat yang menggunakan port SATA seperti hard disk, optical drive, dan juga SSD.
Pihak Intel sendiri sudah menghentikan pengiriman chipset yang dinyatakan cacat ini. Mereka sudah memperbaiki masalah desain chipset ini dan mulai memproduksi versi terbaru dari platform Sandy Bridge ini yang tentunya sudah terbebas dari masalah controller SATA. Selain masalah pada SATA, Intel juga memastikan bahwa hal ini tidak akan berpengaruh pada prosesor Sandy Bridge yang ditancapkan pada motherboard ini.
Bagi pengguna yang sudah terlanjur menggunakan platform Sandy Bridge ini, Intel meminta mereka untuk tidak panik dan tetap menggunakan PC-nya. Mereka disarankan untuk segera menghubungi vendor atau distributor tempat membeli produk ini untuk perbaikan atau replacement unit secepatnya. Intel menjanjikan chipset yang sudah diperbaiki ini sudah dapat dikirimkan kepada konsumen pada akhir Februari ini. Diperkirakan kerugian yang diderita Intel akibat masalah ini mencapai hingga USD1 miliar , dengan rincian USD300 juta dari kehilangan pendapatan untuk penjualan dan USD700 juta untuk biaya perbaikan dan penggantian motherboard.
Sumber CNET News, Daily Tech, dan lain-lain memberitakan berita buruk, bahwa pada 31 Januari 2011, Intel menemukan kegagalan pada desain chipset Cougar Point, yakni chipset motherboard untuk Sandy Bridge model P67 dan H67.

Kegagalan itu terdapat pada controller SATA, bahwa kecepatan data transfer akan melambat seiring waktu berjalan. Hal ini otomatis akan berdampak kepada Hard Disk Drive, Optical Disc Drive dan Solid State Drive yang menancap pada port SATA di motherboard P67 dan H67. Manajemen Intel memberikan komando untuk memberhentikan pasokan chipset OEM Cougar Point kepada vendor motherboard.

Pengguna platform Sandy Bridge Core i5 dan Core i7 diharap tidak panik dan tetap menggunakan PC Desktopnya. Intel menyarankan apabila terjadi permasalahan pada lambatnya transfer data dikarenakan rusaknya port SATA, maka segera menghubungi vendor motherboard untuk klaim garansi replacement.

Sementara itu Intel akan memperbaiki kesalahan dengan segera menerbitkan chipset revisi.

UPDATE:
Situs Anandtech baru saja mengupdate berita bahwa port SATA yang melambat dimaksud adalah port 2, 3, 4 dan 5 yakni port SATA 2. Untuk port SATA 3 di 0 dan 1 motherboard P67 tidak menjadi masalah. Solusi sementara pengguna Intel Sandy Bridge diharapkan mencolokkan storage drives ke port SATA 3 Intel, 0 dan 1, ujung paling kanan berdekatan dengan RAM. FYI HDD/ODD/SSD yang masih berinterface SATA 2 bisa dicolokkan ke port SATA 3, ada backward compatibility. Kabar lain, pengguna motherboard dengan total 8 port SATA bisa memanfaatkan 2 tambahan port SATA 3 dari controller Marvell yang juga aman digunakan.
bad news... :D 

" Intel berjanji akan bekerja sama dengan para mitra OEM nya untuk menerima pengembalian motherboard yang terindentifikasi terkena masalah pada chipset nya " sumber: Tech Connect Magazine

Ketika Nasdaq dibuka pada Januari 31 AMD naik cukup cepat setelah Intel menjatuhkan bom tentang mengingat Sandy Bridge chipset platform. Kesalahan mempengaruhi empat dari enam port SATA dan Intel dan akan memakan biaya ratusan juta untuk memperbaikinya , baik dalam biaya produksi dan untuk menggantikan produk dengan mitra dan pelanggan, tetapi juga saham perusahaan telah mengambil memburuk, ambruk mbruk..!.

Saham Intel Drop
Intel turun -3,06%, sementara saham AMD meningkat sebesar +7,08%. Berapa banyak penarikan kembali produk Intel mungkin biaya sangat besaaar dalam jangka panjang sulit untuk mengatakan, tetapi ini adalah kemunduran besar bagi Intel yang membuka pintu terbuka lebar untuk AMD 



sumberr : saham Intel dan AMD di Google Finance .

awesome AMD.. :love: :D
Staff manajemen Intel, Kelly Keller melalui Intel blog di sini memberikan press release di blog intel yang cukup mencerahkan untuk mensikapi hal ini.

Chipset Motherboard Apa Saya Yang Terkena Dampak?
Adalah semua motherboard chipset P67 dan H67 dari semua vendor tak terkecuali dengan shipping unit setelah tanggal 9 Januari 2011. Motherboard yang dikirim dari vendor ke distributor sebelum tanggal 9 Januari tidak mengalami kegagalan chipset. Silahkan kontak distributor masing-masing bagi para pengguna platform Sandy Bridge, motherboard Anda dikirim dari Taiwan ke Indonesia tanggal berapa?

Masalah Apa Yang Sebenarnya Terjadi?

Potensi masalah yakni melambatnya data transfer dari storage (HDD/ODD/SSD) setelah dipake kurun waktu lama pada chipset Intel ® 6 Series (dan Intel ® C200 Series Chipset). Masalah ini tidak mempengaruhi prosesor tetapi hanya mempengaruhi chipset pendukung. Intel telah menerapkan revisi silikon untuk memperbaiki masalah ini.

Apa Yang Harus Saya Lakukan Apabila Motherboard Saya Termasuk Dalam List Gagal?
Sementara menanti replacement unit dari tiap vendor motherboard di bulan April 2011 atau setelahnya, user dihimbau untuk menghindari port SATA II 3Gbps ke 2, 3, 4 dan 5. Anda masih bisa menggunakan port SATA III 6GBps ke 0 dan 1 karena terbebas dari masalah. Port controller SATA 3rd party seperti Marvell yang juga diintegrasikan pada contoh motherboard ASUS P8P67, ASRock P67 Extreme4, MSI P67 GD65 juga terbebas dari masalah.
*note: contoh motherboard itu memiliki 8 SATA port, yakni 6 Intel dan 2 Marvell

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo