Looking for something ?

OSama wil be back !!

Written By Vapor Voyager Saputra on 02 Mei 2011 | Senin, Mei 02, 2011


Rakyat Amerika Serikat mungkin sedang dilanda kegembiraan yang luar biasa atas tewasnya Osama Bin Laden, pemimpin jaringan Al-Qaeda yang selama ini mereka perangi. Terlepas dari kontroversi yang ia hasilkan dan perbedaan sudut pandang yang kita miliki melihat situasi ini, memang patut diakui bahwa jaringan Al-Qaeda tidak akan mudah jatuh begitu saja. Kematian ini justru memunculkan kemungkinan untuk “membangkitkan” sosok ini kembali, walaupun tidak secara fisik. Potensi untuk lahirnya cyber attack yang dilancarkan oleh jaringan radikal atas nama agama ini semakin terbuka lebar.
Anggapan bahwa Al-Qaeda hanya berisikan para pejuang bersenjata mesin tanpa pemahaman tentang teknologi tinggi adalah sesuatu yang salah besar. Pernahkah Anda mengenal nama Younes Tsouli? Seorang simpatisan jaringan Al-Qaeda yang berbasis di Inggris ini adalah salah satu hacker jihadis yang paling disegani di dunia. Lewat dunia maya, dia membangun basis simpatisan yang lebih luas, mengajarkan caranya membangun bom, mendistribusikan software bajakan, melakukan peretasan di beberapa situs internasional, dan melakukan pencurian dana lewat dunia maya. Yakinlah, simpatisan seperti ini tersebar di seluruh dunia dan hanya membutuhkan sedikit trigger untuk melancarkan aksi mereka kembali. Kematian Osama Bin Laden seharusnya memicu kewaspadaan yang lebih untuk pihak-pihak yang terkait.
Pernahkah Anda mendengar forum seperti Muntada al-Ansar al-Islami dan al-Ekhlas? Kedua forum yang menyanjung tinggi radikalisme ini merupakan tempat berkumpul para simpatisan Al-Qaeda di seluruh dunia, dan sifatnya sangat eksklusif. Di sinilah para hacker jihadis biasanya menyusun kembali rencana penyerangan terhadap berbagai situs yang dianggap mengancam dan memiliki kepentingan berseberangan dengan agenda mereka. Apakah situs-situs ini akan bereaksi atas kematian Bin Laden? Tidak perlu diragukan lagi.
Artikel ini tidak dihadirkan untuk membangun kecemasan atau kepanikan secara massal, namun lebih kepada upaya untuk menghadirkan kewaspadaan yang lebih. Kematian Osama Bin Laden bukan berarti akhir dari segala macam upaya yang akan dilakukan oleh jaringan Al-Qaeda, termasuk kelompok cyber-terrorism miliknya. Tidak tertutup kemungkinan kematian ini justru akan menjadi trigger yang tepat bagi serangan cyber seperti yang pernah terjadi sebelumnya, konsep teknologi yang mungkin disalahgunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo