Looking for something ?

28nm Pada GPU AMD Radeon dan Nvidia

Written By Vapor Voyager Saputra on 16 April 2011 | Sabtu, April 16, 2011

Dengan keberadaan tiga kartu GPU low-end andalan dari armada Radeon HD 6000 Series-nya yang siap dilepas ke pasaran dalam waktu dekat ini, AMD tampaknya mulai mengubah sebagian besar perhatiannya terhadap teknologi Southern Islands GPU 28nm yang akan datang. Kemudian ditambah lagi dengan adanya klaim laporan yang baru-baru ini muncul berkaitan dengan rencana produksi masalnya  paling cepat bulan Mei dan tanggal rilis yang diperkirakan pada bulan Juni ataupun Juli mendatang.
Laporan itu sendiri berasal dari publikasi DigiTimes dengan kutipan sumber “from graphics card makers”, yang sayangnya tidak mengungkapkan rincian lainnya tentang kebertadaan chip tersebut.
Bahkan ada kabar yang menunjukkan kalau Southern Islands GPU besutan AMD tersebut didasarkan pada arsitektur yang sama seperti yang digunakan pada core Cayman saat ini (atau tepatnya bisa diketemukan pada arsitektur kartu GPU Radeon HD 6900).
Hal ini akan menjadi tweak untuk proses manufaktur 28nm dan node produksi yang lebih kecil. Dengan begitu, tentunya  akan memungkinkan AMD untuk menginstal unit streamingnya ke dalam GPU Radeon HD 7000 series nantinya.
Sejauh ini, hanya ada spekulasi mengenai kinerja core grafis AMD terbaru tersebut. Namun demikian, dengan kemajuan dalam teknologi fabrikasi bahkan mungkin saja GPU-tunggal HD 7000 akan lebih canggih dan jauh lebih unggul dari pada Radeon HD 6990 yang ada saat ini.
Produksi bagian Southern Islands pertama kalinya akan dibangun oleh TSMC. Dan apabila semua berjalan dengan baik dengan teknologi fabrikasi 28nm-nya, maka untuk selanjutnya produksi beberapa bagiannya akan segera dipindahkan produksinya ke GlobalFoundries.
Jajaran kartu grafis Radeon HD 7000 ini akan mencakup keduanya, baik desktop maupun notebook. Sedangkan untuk versi mobile GPU sendiri tampaknya akan segera menghadirkan empat model yang berbeda nantinya.
Sebelumnya ada bocoran berkaitan dengan peluncuran GPU Radeon 7000 pertama pada kuartal keempat (Q4) tahun 2011. Namun kabar itupun menjadi bias seiring dengan munculnya kabar baru mengenai Southern Islands GPU desktop yang akan segera dirilis pada kuartal ketiga (Q3) tahun ini juga sejak AMD memperkenalkan versi desktop GPU pertamanya baru-baru ini.

berita untuk nvidia
Setelah akhir tahun lalu memperkenalkan seri kartu grafis Nvidia GTX 500, sekarang tampaknya  raksasa Santa Clara berbasis bersiap-siap untuk memulai seri GPU terbaru, dijuluki Nvidia GTX 600, yang akan didasarkan pada core Kepler dan dibangun menggunakan proses manufaktur TSMC 28 nm.
Diumumkan kembali pada bulan September 2010 selama presentasi keynote yang diselenggarakan oleh Jen-Hsun Huang, CEO perusahaan, core Kepler diharapkan dapat memberikan kinerja 3 sampai 4 kali lebih baik per watt dari Fermi.
GPU akan dibangun menggunakan teknologi manufaktur 28nm TSMC, memungkinkan Nvidia membuatnya berjalan lebih dingin dan hemat energi inti sementara tetap menjaga jumlah transistor yang tinggi.
Sama seperti Fermi, Kepler juga harus mampu menangani beban kerja GPGPU kompleks dan akan menampilkan peningkatan kinerja GFLOPS presisi ganda.  Keterangan lebih lanjut tertentu tidak tersedia saat ini, tetapi website vga.zol.com.cn mengatakan bahwa Nvidia telah melampaui beberapa kendala yang dihadapi oleh arsitektur baru dan bahwa, perusahaan, diduga bersiap-siap untuk meluncurkan GTX 600 GPU keluarga (berdasarkan Kepler) pada Q4 2011.
Seperti sebelumnya, core baru harus tampil dalam kartu desktop high-end dan kemudian bergerak ke arah sektor-sektor utama dan mobile.
GPU AMD generasi berikutnya, dengan nama kode  Souther Islands, juga akan diproduksi oleh TSMC menggunakan proses manufaktur 28nm, keluarga kartu grafis Radeon HD 7000 baru akan dirilis pada Q3 atau Q4 2011.
Jika laporan ini ternyata benar maka pada akhir tahun ini, AMD dan Nvidia akan beradu untuk memberikan kartu grafis tercepat yang tersedia di pasar.
Akhir dari itu semua, mari kita hanya berharap bahwa TSMC tidak akan menghadapi masalah manufaktur yang sama dengan node fabrikasi 28nm mereka seperti yang mereka lakukan saat pindah ke 40nm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo di comment, insaallah di balas

Last Post

SiteCompInfo